apps

5 Cara Memperoleh Modal Usaha untuk Membangun Bisnis

20 September 2023

Seiring dengan perkembangan zaman, peluang bisnis pun semakin terbuka lebar. Dengan dukungan teknologi, kini semakin banyak generasi muda yang terjun ke dunia bisnis.

Untuk memulai sebuah bisnis, Anda tidak hanya membutuhkan strategi, tetapi juga modal usaha yang memadai. Berikut ini 5 (lima) cara memperoleh modal usaha untuk mendukung bisnis Anda, antara lain:

1. Simpanan Pribadi

Salah satu cara untuk memperoleh modal bisnis yaitu dari tabungan pribadi. Cara ini tentunya menjadi opsi termudah jika Anda telah memiliki tabungan yang mencukupi untuk memulai suatu usaha. Namun, jika tabungan Anda belum mencukupi, maka dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyisihkan penghasilan Anda secara konsisten hingga kebutuhan modal Anda terpenuhi.

2. Aset Pribadi

Selain tabungan pribadi, Anda juga bisa memperoleh modal dari aset-aset berharga yang Anda miliki, seperti perhiasan, emas, tanah, saham, surat berharga, dan sebagainya. Anda bisa menjual atau menggadaikan aset tersebut sesuai dengan modal usaha yang Anda butuhkan.

3. Rekan Bisnis

Cara lainnya untuk memperoleh modal usaha yaitu dengan mencari rekan bisnis sehingga besarnya dana dapat ditanggung bersama. Namun, pastikan rekan bisnis Anda dapat dipercaya serta memiliki visi dan misi yang sejalan untuk menghindari risiko di masa mendatang.

4. Investor

Strategi lain untuk mendapatkan modal usaha yaitu melalui investor. Anda bisa mencari informasi dan menawarkan rencana bisnis Anda kepada para investor yang biasanya bergulat di bidang usaha serupa. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti berbagai seminar bisnis untuk membuka peluang mendapatkan investor.

5. Kredit Multiguna

Alternatif lainnya untuk mendukung kebutuhan modal bisnis Anda yaitu kredit multiguna, salah satunya melalui MotionCredit. MotionCredit menyediakan fasilitas pembiayaan melalui MNC Dana Mobil dengan jaminan BPKB mobil dan MNC Dana Rumah dengan jaminan sertifikat rumah. Proses pengajuannya juga mudah dan praktis karena dapat dilakukan secara online melalui aplikasi MotionCredit.

MotionCredit merupakan aplikasi pembiayaan digital dari PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC GUI) dan PT MNC Finance (MNC Finance) yang bergerak sebagai perusahaan multifinance yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan. MotionCredit membantu Anda mendapatkan pendanaan melalui MNC Dana Mobil dan MNC Dana Rumah dengan mudah, transparan, dan aman.